Rabu, 13 Maret 2013

10 Tempat Yg Menakjubkan

        Pada abad 19 dan awal ke-20, beberapa ahli sejarah menulis tentang daftar nama-nama Keajaiban Abad Pertengahan.
Namun ada beberapa hal yang tidak memungkinkan bahwa daftar ini berasal dari Abad Pertengahan,karena masa pertengahan adalah zaman yang kurang populer hingga era-pencerahan sekitar abad ke-16. Dan kamus Brewer dari Phrase dan Fable mengacu kepada daftar setelah abad pertengahan.
Struktur pada daftar di bawah ini dibangun jauh lebih awal dari Abad Pertengahan dan setelahnya.
 Dan inilah daftar yang di masukan para ahli  kedalam senerai Keajaiban Dunia Pertengahan.

 1. Stonehenge
Stonehenge Stonehenge
    Stonehenge Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum. Berada di Wiltshire-nggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Stonehenge mencakup tambak tanah yang mengelilingi batu besar yang berdiri tegak dan bulat, yang dikenal sebagai megalitikum . Terdapat pertikaian mengenai usia sebenarnya lingkaran batu itu, tetapi kebanyakan arkeolog memperkirakan bahwa sebagian besar bangunan Stonehenge dibuat antara 2500 SM sampai 2000 SM. Bundaran tambak tanah dan parit membentuk fase pembanguan monumen Stonehenge yang lebih awal yang berasal dari waktu sekitar 3100 SM. Situs ini ditambahkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

2. Colosseum 
Colosseum Kolosseum
     Colosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator. Rekonstruksi Koloseum dimulai dari perintah Raja Vespasian tahun 72 M dan terselesaikan oleh anaknya Titus pada tahun 80 M. Colosseum didirikan berdekatan dengan sebuah istana megah yang sebelumnya dibangun Nero yang bernama Domus Aurea yang dibangun sesudah kebakaran besar di Roma pada tahun 64M.Bangunan ini menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun. Kolosseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton.

3. Catacombs of Kom el Shoqafa
Catacombs of Kom el Shoqafa
    Catacombs of Kom el Shoqafa adalah situs arkeologi bersejarah yang terletak di Alexandria-Mesir dan dianggap salah satu dari Tujuh Keajaiban Abad Pertengahan. Pekuburan terdiri dari serangkaian makam, patung dan benda-benda arkeologi dari kultus pemakaman Firaun dengan Helenistik dan awal pengaruh Imperial Romawi. Seiring waktu, banyak fitur dari Catacombs of Kom el Shoqafa di pengaruhi budaya Romawi, poin budaya Yunani dan Mesir, di sini beberapa patung bergaya Mesir,namun pakaian dan tata rambut bergaya Romawi.ada Sebuah tangga yang melingkar, perkiraan biasa digunakan untuk mengangkut mayat,mengarah ke dalam makam yang berupa terowongan batu.Situs ini digunakan sebagai ruang pemakaman dari abad ke-2 sampai abad ke-4. Dan baru ditemukan kembali pada tahun 1900 ketika seekor keledai tidak sengaja jatuh ke dalam batang akses. Sampai saat ini tiga sarkofagus telah ditemukan, bersama dengan sisa-sisa tulang manusia dan hewan yang ditemukan kemudian. Situs ini diyakini hanya ditujukan untuk makam satu keluarga, tetapi tidak jelas mengapa situs itu diperluas untuk menampung orang banyak.dan yang unik ada salah satu ruangan yang mengerikan dari katakombe adalah Aula yang bernama Caracalla. Menurut tradisi, ini adalah ruang pemakaman massal bagi manusia dan hewan yang dibantai atas perintah Kaisar Caracalla.

4. Tembok Cina 
 Tembok Cina
     Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Sepanjang 10.000 Li,merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Republik Rakyat Cina.Tembok Raksasa Cina dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Berdasarkan bukti tertulis yang bisa diterima umum, pada dasarnya Tembok Raksasa Cina dikonstruksikan mayoritas pada periode Dinasti Qin , Dinasti Han dan Dinasti Ming .Namun, sebagian besar rupa tembok raksasa yang berdiri pada saat ini merupakan hasil dari periode Ming. Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

5. Hagia Sophia
 Hagia Sophia
      Hagia sophia adalah adalah sebuah bangunan bekas basilika , masjid , dansekarang museum , di Istanbul. Masa Turki Utsmani,Saat Konstantinopel ditaklukkan Sultan Mehmed II.pada hari Selasa 27 Mei 1453 Sultan Mehmed II memasuki kota itu dan memerintahkan mengubah basilika hagia sophia menjadi masjid yang dikenal dengan nama Aya Sofia. Lantas selama hampir 500 tahun Hagia Sophia berfungsi sebagai mesjid. Patung,salib, dan lukisannya sudah dicopot atau ditutupi cat. hingga Pada tahun 1937, Mustafa Kemal Atatürk mengubah status Hagia Sophia menjadi museum. Mulailah proyek "Pembongkaran Hagia Sophia". Beberapa bagian dinding dan langit-langit dikerok dari cat-cat kaligrafi hingga ditemukan kembali lukisan-lukisan sakral Kristen. Sejak saat itu, Gereja Hagia Sophia dijadikan salah satu objek wisata terkenal oleh pemerintah Turki di Istambul.

6. Menara Miring Pisa 
 Menara Miring Pisa
      Menara Pisa adalah sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa,Italia. Menara Pisa sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, namun mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Menara ini terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli(lapangan pelangi) kota Pisa. Ketinggian menara ini sekitar 55,86 m. Kelebaran dinding di bawahnya mencapai 4,09 m dan di puncak 2,48 m. Bobotnya diperkirakan mencapai 14.500 ton . Menara Pisa memiliki 294 anak tangga.Dan Menara ini telah di jadikan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.
7. Menara Porcelain (Pagoda Nanjing)
 Menara Porcelain (atau Porcelain Pagoda)
    Menara Porcelain adalah sebuah situs sejarah yang terletak di tepi selatan Sungai Yangtze di Nanjing , Cina. Menara Porselen Nanjing dirancang selama masa pemerintahan Kaisar Yongle ( 1402-1424M) sebelum kontruksi dan dibangun di abad ke-15 selama Dinasti Ming. Menara ini berbentuk segi delapan dengan diameter dasar sekitar 97 kaki (30 m).ketinggian 260 kaki (79 m),dengan tangga di tengah pagoda, yang berputar ke atas 184 langkah. Bagian atas atap ditandai dengan kubah berbentuk nanas emas. Tetapi sebagian besar Pagoda hancur pada abad ke-19 selama satu Pemberontakan Taiping. 

 8. Tāj Mahal
Taj Majal
       Taj Majal adalah sebuah monumen yang terletak di Agra , India. Dengan bumbung, kubah dan menara yang buat dari marmer putih, serta seni mozak yang indah, Taj Mahal merupakan salah satu dari Tujuh keajaiban di dunia. Sebanyak 43 jenis batu permata , termasuknya yaitu berlian , jed, kristal ,topaz dan nilam telah digunakan untuk memper indah Taj Mahal. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān , anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya , Arjumand Banu Begum. Pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653). Merupakan sebuah adi karya sehingga Pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

 9. Benteng Kairo
 Benteng Kairo
      Para Saladin Citadel Kairo atau Benteng Kairo adalah benteng Islam abad pertengahan di Kairo , Mesir.berlokasi di bukit Mokattam dekat pusat Kairo, pernah terkenal dengan angin segar dan pemandangan kota megahnya. Benteng itu di buat oleh Ayyubiyah penguasa Salah al-Din ( Saladin ) antara 1176 dan 1183 CE, untuk melindunginya dari Tentara Salib . Hanya beberapa tahun setelah mengalahkan kekhalifahan Fatimiyah , Saladin merancang untuk membangun sebuah dinding yang akan mengelilingi kedua kota, Kairo dan Fustat.

10. Ely Cathedral
Ely Cathedral
      Ely Catherdal didirikan oleh St Æthelthryth (Latin untuk sebagai "Etheldreda"), putri dari Anglo-Saxon Raja Anna of East Anglia. Katedral ini dibangun dari batu yang digali dari Barnack di Northamptonshire,dengan elemen dekoratif diukir dari Marmer Purbeck dan clunch lokal. Panjang total adalah 537 kaki (163,7 m),dan nave di lebih dari 75 m panjang (250 kaki) menjadi salah satu katerdal yang terpanjang di Inggris. Menara barat adalah 66m tinggi (215 kaki). The Octagon unik 'Lantern Tower adalah 23 m (74 kaki) dan lebar adalah 52 m (170 kaki) tinggi. Secara internal, dari lantai ke bos atap pusat lentera adalah 43 m (142 kaki) tinggi. Ely Catherdal ini kadang di sebut secara lokal sebagai "kapal dari Fen ", karena bentuknya menonjol yang menjulang di atas dataran rata dan berair sekitarnya.

Sumber : en.m.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar